Monday 26 December 2016

Alasan Pentingnya Sarapan Untuk Anak

Alasan Pentingnya Sarapan Untuk Anak.- Kegiatan sarapan pagi seringkali dilewatkan. Meskipun terlihat sepele, sarapan adalah kegiatan yang diperlukan tubuh karena berguna untuk pemenuhan gizi dan sebagai energi untuk beraktivitas di pagi hingga siang hari.

Namun gizi yang diperlukan pada asupan makanan saat sarapan setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, ukuran tubuh, serta aktivitas sehari-hari.

"Sarapan penting agar anak-anak dapat fokus mengerjakan aktivitasnya sehari-hari. Perlu diingat, penting disini bukan banyaknya jumlah asupan. Namun ketercukupan gizi, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin," ujar Susan Hartono, MSc, CHt saat ditemui Liputan6.com seusai menjadi pembicara talk show tentang nutrisi pada Sahabat Ibu Indonesia Expo 2016.

Wanita yang berpofesi sebagai Holistic Nutrition & Mindfulness Coach ini mengingatkan agar menghindari konsumsi mi instan dan makanan cepat saji untuk sarapan. "Untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan, konsumsi gandum perlu untuk dikurangi. Makanan olahan dari bahan gandum mengandung banyak gluten yang sulit dicerna oragan pencernaan anak," imbuhnya

Tampil sebagai pembicara utama talk show di Sahabat Ibu Indonesia Expo 2016, Susan Hartono, MSc, CHt juga memberikan tips untuk mengonsumsi makanan sehat. Konsumsi gula rafinasi misalnya, dapat diganti dengan pemanis dari sirup jagung dan madu. Tak hanya pemanis dari gula, asupan makanan berbahan tepung gandum juga perlu untuk dikontrol. "Pilihan untuk mengurangi asupan gluten pada tepung terigu misalnya, dapat dilakukan dengan mengonsumsi tepung sorgum," lanjutnya.

Sebagai komunitas, Sahabat Ibu Indonesia didirikan di Jakarta oleh sejumlah tokoh. Sosok-sosok di balik Sahabat Ibu Indonesia di antaranya Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP sebagai Pelindung, Eveline E. Soekotjo sebagai Pemrakarsa dan Pendiri, Suzy Hutomo sebagai Pendukung dan Pembina serta Ayu Dyah Pasha sebagai penggerak.

Penyelenggaraan Sahabat Ibu Expo 2016 didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati termasuk menu sarapan. Nah, menurut riset terbaru telur merupakan menu sarapan yang baik karena ada beberapa alasan di baliknya.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda. 

Terimakasih atas kunjungannya :)

No comments:

Post a Comment